The Accumulation

Rangkuman 1-3 Juli 2021 : Seasonality Analysis, PPKM Darurat dan Vaksinasi.

From Website

The Primary Trader menggunakan Seasonality Analysis untuk melihat kinerja IHSG di 2H21.

Melihat pergerakan bulanan IHSG sepanjang masa, terlihat bahwa ada beberapa bulan di 2H21 yang sangat volatile (banyak Outliers-nya) yaitu bulan Agustus, September dan November. Ada beberapa rata – rata Monthly Return yang negatif yaitu Agustus, September dan November. Perlu dicatat bahwa pergerakan bulan Desember hampir pasti positif (mencatat Monthly Return yang positif). Lihat lengkapnya di sini.

Selain itu, The Primary Trader mencoba melihat Seasonality IHSG lebih lengkap lagi (dari tahun 1994) dan menggunakan beberapa skenario Seasonality (seperti Presidential Cycle Bapak SBY). Ada beberapa temuan penting terkait “January Effect” dan “Sell In May and Go Awa”. Cek di sini.

From Twitter

The Primary Trader mencoba memperhatikan angka kasus Covid-19 dan membandingkannya dengan jumlah vaksinasi. Berharap ada penurunan kasus seiring dengan peningkatan vaksin. Cek Twit-nya di sini.

Pemerintah mengumumkan PPKM Darurat dan memberikan target vaksinasi sepanjang tahun 2021. Seperti biasa, target tersebut sangat optimis namun memang harus seperti itu untuk melawan Pandemi. The Primary Trader hanya ingin flash back untuk tidak panik. Lihat grafik IHSG di sini.